RSIA Budi Kemuliaan menerima pasien BPJS. Untuk pertanyaan lebih lanjut Hub. 021.384-2828 atau Email ke corporate@rsiabudikemuliaan.com

Speak Up adalah upaya mengeluarkan pendapat atau keluhan anda kepada dokter tanpa rasa takut dan ragu-ragu.

 

Speak 

Berbicaralah apabila anda mempunyai pertanyaan atau perhatian mengenai layanan atau prosedur yang diperuntukkan bagi anda. Jika anda masih tidak mengerti, Tanya dan tanyakan kembali kepada dokter anda.

 

Pay Attention

Perhatikan perawatan yang anda terima. Pastikan anda telah mendapatkan pengobatan dan obat-obatan yang benar dari tenaga yang profesional

 

Educate

Edukasi diri anda sendiri. Perlajari informasi mengenai penyakit anda. Cari tahu pemeriksaan apa dan rencana yang akan anda jalani. Anda dapat mendapatkan informasi melalui internet, buku, majalah kesehatan atau dapat langsung bertanya kepada dokter yang merawat anda.

 

Ask

Ajak pendukung (keluarga atau teman) anda untuk mendampingi anda dalam proses pengobatan yang anda lakukan di Rumah Sakit. Keluarga atau teman anda dapat menanyakan sesuatu yang tidak terfikirkan oleh anda, serta membantu mengingat akan penjelasan dokter. Pastikan pendamping anda mampu menerima informasi serta mampu mengambil keputusan medis di mata hukum (yaitu memilki hubungan keluarga dan cukup usia)

 

Know

Kenali obat-obatan yang anda konsumsi dan pastikan anda mengerti mengapa harus meminum obat tersebut.

  • Tanyakan kepada petugas apoteker tentang nama obat, cara minum obat dan jadwal minum obat karena beberapa obat dapat saling berinteraksi yang dapat mengurangi khasiatnya.
  • Beritahukan dokter anda jika anda memiliki riwayat alergi terhadap obat tertentu. Begitu pula jika anda mendapati alergi seperti gatal, merah di seluruh tubuh hingga sulit bernafas setelah minum obat tersebut, carilah bantuan medis dan segera beritahukan dokter yang merawat anda.

 

Understand

Pahami semua dokumen dan formulir medis lainnya sebelum anda menandatangani lembar tersebut. Baca semua dokumen persetujuan tindakan medis (lnformed chonsent) dengan teliti dan tanyakan kepada dokter jika mengerti.

 

Participate

Terlibatlah secara aktif dalam setiap keputusan yang berhubungan dengan perawatan dan pengobatan. 

  • Anda dan dokter anda harus saling menyetujui atas apa yang akan dilakukan dalam setiap pelayanan.
  • Jangan ragu-ragu meminta pendapat kedua yaitu kepada dokter yang lain.

 

Jadilah Pasien Cerdas

  1. Pasien pintar akan datang ke dokter dengan tujuan yang jelas.
  2. Pasien disebut pintar bila ia mampu menguraikan isi hatinya tentang apa yang diderita serta mengungkapkan harapannya kepada dokter.
  3. Pasien pintar bersedia memberikan informasi lengkap dan jelas tentang penyakitnya.
  4. Pasien disebut pintar bila mampu bertanya secara jelas dengan dokternya.
  5. Pasien disebut pintar bila mampu mengambil kesimpulan tentang penyakitnya untuk dirinya sendiri.
  6. Pasien yang pintar mampu menilai dirinya sendiri tentang perjalanan penyakitnya, apakah penyakitnya kian membaik atau memburuk
  7. Pasien yang pintar dapat mengambil kesimpulan tentang kualitas dokter.
  8. Pasien yang pintar mau dan mampu menanyakan kepada dokter apakah ia sepakat atau tidak sepakat dengan keputusan dokternya
  9. Pasien yang pintar mampu mencari opini kedua bila merasa keputusan dokter terhadap dirinya kurang tepat
  10. Pasien yang pintar mampu percaya atau bekerja sama dengan dokter dalam menyelesaikan masalah kesehatannya sampai sembuh atau kesehatannya terjaga dengan baik
  11. Pasien yang pintar adalah pasien yang yakin bahwa atas izin Tuhan penyakitnya dapat teratasi melalui "tangan" bijak yang ia percayai.

 

Sumber: Daldiyono, Pasien pintar dan Dokter Bijak Gramedia 2007

 

Speak-Up Line

Customer care
081290003051

Go to top