RSIA Budi Kemuliaan menerima pasien BPJS. Untuk pertanyaan lebih lanjut Hub. 021.384-2828 atau Email ke corporate@rsiabudikemuliaan.com

HARUSKAH BAYI MENANGIS?

 

Solusi untuk mengatasi tangisan bayi adalah dengan membiarkan bayi anda menangis, jika anda mendengar nasehat seperti itu Jangan lakukan, terutama pada bulan – bulan awal. Biarkan bayi menangis  (let your baby cry it out) adalah sepotong nasihat yang lebih berdampak buruk dari pada baik.

Let your baby (biarkan bayi anda)”

Tangisan bayi merefleksikan akan kebutuhan, responslah dengan cepat, memperlambat respon terhadap tangisan bayi tidak akan mengajarkan bayi untuk mengurangi tangisannya dan mungkin akan menuntunnya untuk menangis lebih keras lagi. Bayi yang tangisannya di tanggapi dengan tepat akan belajar untuk untuk mengurangi tangisnya saat mereka bertambah usia.

“Cry (tangisan)

Apa sebenarnya arti dari tangisan bayi? Menurut sebagian orang tangisan tidak memiliki makna. Namun pada kenyataannya bayi menangis untuk berkomunikasi. Tangisan bukan hanya alat yang menakjubkan bagi bayi, ia juga merupakan sebuah sinyal yang bermanfaat bagi orangtua teruma ibu karena di rancang untuk memotivasi orang tua agar memberikan respon.

Jadi keyakinan yang beredar di masyarakat saat ini bahwa menangis baik bagi paru – paru bayi jelas tidak benar. Tangisan yang berlebih menurunkan kadar oksigen darah bayi dan meningkatkan kadar hormon stres. Bayi yang baru lahir dan berusia muda hampir selalu membutuhkan bantuan ibu atau ayah untuk dapat tetap terorganisasi dan tenang. Namun di usia satu tahun atau lebih, bayi dapat mulai belajar untuk melakukan hal ini bagi dirinya sendiri. Berkonsultasilah dengan dokter bayi anda jika bayi anda kolik (rewel) karena adanya masalah kesehatan yang tersembunyi. Pertimbangkan kemungkinan adanya gastroesohageal refluk (GER), alergi susu formula atau pada bayi yang memperoleh ASI, alergi atau sensitive terhadap makanan.

postimage

Go to top